Teknik Pemasaran Melalui Sosial Media Yang Wajib Anda Coba

Zaman sudah berubah dengan begitu cepatnya sehingga bila Anda tidak mengikuti perkembangan zaman maka bisnis anda akan mati suri. Zaman digital mewajibkan pebisnis untuk memiliki sosial media untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Sosial media membantu menunjang kegiatan pemasaran sehingga bisa menghasilkan profit yang tinggi.

Teknik pemasaran di sosial media adalah sarana pemasaran yang efektif dan murah ya. Kenapa murah dikarenakan hanya bermodalkan jaringan internet anda bisa menjual barang anda di berbagai platform sosial media yang free. Kenapa efektif, dikarenakan pihak sosial media sudah memetakan mana yang suka barang tertentu sehingga bila Anda ingin keluar sedikit biaya investasi maka akan tepat target market barang Anda.

Ada berbagai macam platform sosial media yang menyediakan sarana untuk pejualan produk dan jasa anda. Ada Facebook, Twitter, Linked, Instagram, Youtube dan lain sebagainya. Di zaman digital dimana hampir 80% warga indonesia mampu mengakses internet membuat nilai tambah buat anda dalam menjual produk dan jasa anda dengan cepat dan akurat. Ada beberapa teknik pemasaran melalui sosial media yang wajib anda coba, simak ya.

1. Bangun kedekatan dengan konsumen anda

Bila perusahaan anda memiliki sosial media, maka Anda wajib untuk membangun kedekatan dengan mereka. Salah satu cara membangun kedekatan dengan selalu untuk membalas pertanyaan yang di gelontorkan konsumen anda.

Makanya banyak perusahaan besar membangun custumer service online untuk membantu menjawab berbagai pertanyaan konsumen mereka. Dengan membangun kedekatan dengan konsumen di media sosial maka akan berdampak kepada konsumen untuk terus ikut membangun bisnis anda. 

Baca Juga: Kiat Sukses Memulai Wirausaha dari Nol

2. Bangun kredibilitas bisnis Anda di sosial media

Ini merupakan hal pokok yang harus anda kembagkan dalam pemasaran nada. Ada sebuah pepatah “no trust, no sales”, bila anda itdak dapat dipercaya maka penjualan anda akan seret. Banyak sekali motivator, ustad dan orang terkenal lainnya dalam menjual barangnya cepat sekali laku dikarenakan mereka sudah percaya bahwa insan ini baik dan jujur.

Anda bisa membangun kredibilitas dengan menghanturkan testimoni, resi pengiriman pada sosial media Anda.

3. Membagikan konten informatif

Content concept on a laptop screen

Masyarakat sudah mulai jengah dengan keadaan sosial media sekarang dan mulai malas membukanya. Banyaknya berita bohong, pesimisme dan ghibah kepada seseorang membuat masyarakat menjadi apatis dalam sosial medianya.

Bisnis anda bisa share dan menulis status infomatif dan positif supaya masyarakat terbakar semangatnya. Karena informasi intu gratis maka akan menjadi teknik pemasaran yang murah meriah untuk bisnis Anda.

4. Ikut aktif dalam komunitas dan kelompok di sosial media

Banyak sekali komunitas di sosial media yang akan menjadi ladang untung bisnis anda. Ibarat kata kita akan memancing pada kolam yang terdapat ikan besar-besar yang kelaparan sehingga akan menyergap apapun yang diberikan.

Ikut aktiflah dalam komunitas maka bisnis anda akan berkembang mengikuti kemauan konsumen.  Anda bisa membantu menjawab keluhan-keluhan konsumen, memberikan informasi menarik dan lain sebagainya

5. Coba semua platform sosial media

Banyak sekali pplatform dalam sosial media yang harus anda invasi semua dikarenakan semua memiliki ceruk keuntungan walaupun berbeda. Anda bis melihat berapa penggunanya dan anda siap ber invasi menyerang sosial media tersebut. Teknik pemasaran ini dinamakan marketing gerilya yang akan menyergap beberapa konsumen yang potensial bagi bisnis anda.

Demikian ada 5 teknik pemasaran melalui sosial media yang sederhana dan wajib anda coba serta harus Anda praktekan.

 

Sebarkan manfaatnya :