Teknik Pemasaran Produk di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan penuh rahmat yang selalu dinantikan berjuta-juta kaum muslimin di indonesia. Di bulan penuh berkah ini kita akan menantikan suguhan manis dan gurihnya kolak, dawet, dan berbagai makanan enak lainnya.

Bulan ramadhan juga diyakini menjadi bulan yang memicu perilaku konsumtif banyak masyarakat seperti memborong bahan pokok, pakaian muslim dan lain sebagainya. Perilaku ini didorong di bulan yang baru semuanya harus baru sehingga perilaku konsumtif  masyarakat melonjak tajam. Berkah bagi para pedagang keperluan bulan ramadhan seperti makanan dan busana muslim yang diperkirakan penghasilannya akan melonjak tajam.

Anda yang berprofesi sebagai penjual harus memanfaatkan momentum bulan ramadhan dengan cermat sehingga peluang ini tidak mengalir berlalu sesaat saja. Sebagai pedagang harus dengan cermat membaca peluang yaitu dengan memperbaiki teknik pemasaran produk di bulan ramadhan yang akan datang. Anda bisa membuat promosi produk lebih hebat dengan membuatnya lebih menarik dan promosi sesuai tema bulan ramadhan.

Promosi di bulan ramadhan jelas berbeda dengan cara anda promosi di bulan-bulan biasanya, ada strategi dan teknik khusus supaya dagangan anda laris manis di bulan penuh berkah ini. Ada berbagai teknik pemasaran produk di bulan ramadhan yang akan melejitkan keuntungan anda antara lain :

1. Awali dengan ucapan selamat bulan ramadhan

Cara yang mudah untuk dilakukan yaitu dengan memberikan ucapan selamat menjalani bulan ramadhan kepada kaum muslim indonesia. Dengan cara sederhana ini anda menanamkan prasangka bahwa anda menghormati bulan ramadhan untuk kaum muslim.

Anda bisa iklan di koran dengan memesan kolom iklan untuk mengucapkan selamat bulan ramadhan. Apabila anda memiliki pelanggan muslim maka kirim brodcast lewat WA kepada mereka supaya anda mengerti dan paham kepada mereka bahwa mereka sedang menikmati bulan ramadhan.

2. Anggaran Promosi di tingkatkan saat bulan ramadhan

Kita ketahui bahwa di bulan ramadhan perilaku konsumtif masyarakat akan meningkat dikarenakan tekanan sosial yang mengharuskan mereka membeli barang-barang baru. Anda harus bisa memaksimalkan penjualan anda dengan meningkatkan biaya pemasaran anda ke para konsumen. 

Baca Juga: Tips Memulai dan Menjalankan Usaha Restoran Kekinian

 

Dengan pemasaran yang masiv dan terukur maka anda akan menerima profit yang bejibun dikarenakan calon pembeli yang membludak. Ada sebuah penelitian bahwa pada bulan ramadhan pengeluaran iklan akan naik sekitar 20% berbeda dengan biasanya.

3. Desain bertemakan bulan ramadhan

Anda harus memanfaatkan timing saat berjualan produk di bulan ramadhan. Anda bisa membuat desain anda dengan desain bercorak ramadhan. Pilih icon dan simbol khusus yang dapat anda tambahkan pada produk anda seperti icon bulan sabit, kurma, lentera, masjid dan lain sebagainya.

Dengan memberi desain bertemakan ramadhan maka para pembeli berprasangka bahwa anda sangat menghormati buan ramadhan. Misal anda menjual roti, maka anda bisa menambahkan desain bulan sabit pada makanan tersebut sehingga menambah variasi dalam produk roti anda.

4. Konten promosi bertemakan ramadhan

Dalam menyediakan iklan pada bulan ramadhan alangkah eloknya harus bertemakan bulan ramadhan. Pada iklan yang dibuat harus bisa memberikan pesan bahwa anda menghormati bulan suci umat islam yaitu bulan ramadhan.

Dalam pembuatan iklan yang akan diputar 1 bulan penuh tersebut produk anda harus bertemakan bulan ramadhan dikarenakan para konsumen sudah mulai jengah dengan iklan yang hanya begitu-begitu saja, sehingga iklan anda akan dikenal sebagai iklan yang variatif dan fresh.

 

Sebarkan manfaatnya :