Ternyata Ini Rahasianya Kontrol Bisnis Jadi Lebih Enteng

ternyata-ini-rahasianya-kontrol-bisnis-jadi-lebih-enteng-image

Membangun bisnis usaha sendiri tidaklah mudah. Anda memerlukan kepekaan dan tanggap patas perubahan disekitar anda. Banyak hal yang mampu membuat bisnis bubar jalan. Terlebih lagi susahnya mengelolah keuangan dapat memusingkan anda. Hal itu bisa membuat anda terhambat dalam menciptakan inovasi-inovasi produk baru dan perkembangan bisnis anda.

Mari kita lihat apa rahasia yang perlu dilakukan untuk mengelolah keuangan bisnis anda berjalan dengan baik:

1. Pengawasan Berkala

Perlunya membuat jadwal untuk proses prosedur operasional dalam pelaporan aktivitas harian. Hal tersebut harus menjadi sebuah kebiasaan dalam kegiatan harian. Di mana proses laporan, dapat difasilitasi dengan: email, sms, telepon, atau software akuntasi online dengan tujuan kita dapat mengetahui perkembangan bisnis secara kontinu.

2. Pembukuan Transaksi

Melakukan percatatan atas transaksi usaha secara harian, yang disertai dengan bukti pendukung lain seperti kuitansi, bon dll. Hal tersebut memnciptakan usaha dengan pola pengelolaan kas secara mandiri. Apalagi dengan pola yang mudah dicatat dan dibaca bisa anda gunakan bentuk excel atau bantuan software akutansi pembukuan.

3. Kunjungan Non Reguler

Sebagai sebuah bisnis, tentu kehadiran fisik pemilik menjadi hal penting dalam melihat secara langsung perkembangan yang dicapai. Dalam hal ini, tentu ada schedule kedatangan secara berkala. Di luar jadwal tersebut, lakukan evaluasi fisik mendadak, dengan maksud untuk dapat melihat secara riil pelaksanaan pekerjaan di lokasi outlet tersebut.

4. Pendapatan Diarahkan Melalui Perbankan

Salah satu kemungkinan terjadinya manipulasi pengelolaan (fraud) adalah kesempatan dalam melihat cash money (uang tunai). Untuk itu, perkecil peluang tersebut, sehingga setiap hari ada jadwal penyetoran uang tunai melalui bank. Maupun memperbanyak kemungkinan pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit, sehingga transaksi akan langsung tertampung pada akun rekening di bank.

5. Membuat Proses & Prasarana Kerja Lebih Transparan

Dalam konteks ini apa yang anda sudah rencanakan untuk menempatkan CCTV dan membuat transaksi secara sistem kasir dengan menggunakan struk yang mudah untuk dikalkulasi dan menggunakan software akuntansi pembukuan BeeCloud. Kedua langkah tersebut dapat dilaksanakan. Mengingat teknologi tersebut akan menuntut para pekerja di outlet atau cabang terkontrol.

Beberapa langkah ini dapat dilakukan untuk proses pengawasan dan pengontrolan bisnis anda lebih baik. Prosedur ini diambil bukan sebagai bentuk ketidakpercayaan pemilik usaha dengan para pekerja. Namun, menjadi sarana dalam mereduksi kemungkinan terjadinya praktik manipulasi usaha bila tidak diawasi langsung.

Sebarkan manfaatnya :