Tidak Kunjung Sukses, Kebiasaan Ini Ternyata Penyebabnya

AAEAAQAAAAAAAABHAAAAJDJhMjNiYWIyLTk4OGEtNDNmOS1iYWUwLWU0NDNhYTViMDMyYQ

Coba bayangkan, Anda sedang membangun usaha dengan sebuah perencanaan yang sudah sempurna. Namun, ketika akan menjalankan usaha tersebut malah tersandung rasa malas yang membuat anda menundanya. Tentu hal itu akan menjadi penghambat Anda dalam meraih sebuah kesuksesan. Ternyata rasa malas selalu menjadi momok buat semua orang dan bisa menjadi salah satu penyebab yang menghambat untuk meraih kesuksesan.

Hampir setiap aktivitas kita selalu digoda dengan Malas. Itu semua tergantung pada niat dan upaya kita menghindarinnya. Orang sukses selalu berhasil melawannya dengan cara tekun tidak pernah berhenti mencoba dan selalu berusaha untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Sehingga bisa semangat dalam menjalani aktivitas harian mereka.

Anda mau menjadi bagian dari Orang Sukses? Ayo melawan rasa malas itu agar bisa menjalankan semua rencana yang telah dibuat sehingga bisa lebih cepat menggapai cita-cita yang telah ditetapkan sejak lama. Faktor yang mempengaruhi kemalasan seseorang mungkin akan berbeda-beda tergantung dari keadaan lingkungan, ekonomi dan pergaulan. Hal itu tidak akan menjadi penghalang bila anda dapat mengatasinya. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi rasa malas :

1. Membuat Pola Hidup yang Lebih Baik

Rasa malas sering kali muncul pada diri kita karena pola kehidupan yang kita jalani tidak teratur, malah cenderung berantakan. Contoh sederhananya adalah seseorang yang bangun kesiangan akan cenderung untuk tidak merapikan tempat tidur karena buru-buru untuk memulai aktivitasnya. Hal ini akan berdampak buruk pada aktivitas lain pada hari itu. Seperti ruangan kerja yang berantakan, penyimpanan dokumen atau arsip tidak tertata dengan baik, catatan-catatan penting yang tidak tersimpan pada tempatnya sehingga membuat Anda semakin malas dalam bekerja.

Jika sudah demikian parahnya dan hal itu berlangsung dalam waktu yang lama, tanpa Anda sadari kebiasaan itu akan membuat Anda terjangkit rasa malas tingkat akut. Oleh karena itu mulai dari sekarang pastikan semua hal yang berantakan dalam hidup Anda disusun kembali agar lebih rapi dan teratur. Bisa dimulai dengan bangun lebih pagi, membersihkan tempat tidur dan mandi pagi agar lebih segar dalam menjalani aktivitas rutin.

2. Melakukan Perencanaan Kerja Sejak Pagi Hari

Pada waktu pagi hari adalah ketika otak dan tubuh kita masih sangat segar karena telah diistirahatkan dalam selang beberapa waktu. Membuat sebuah jadwal secara mendetail aktivitas atau kegiatan yang akan Anda lakukan pada hari ini. Lakukan kegiatan yang anda rencanakan sejak awal, jangan menunda-nunda sampai siang apalagi hingga malam. Karena di waktu itu tubuh kita sudah dalam keadaan lelah.

Banyak menunda-nunda sesuatu akan membuat beban serta pekerjaan kita semakin menumpuk dan ujung-ujungnya Anda akan menjadi malas mengerjakan pekerjaan tersebut. Dan parahnya lagi pada esok hari kemalasan Anda akan semakin berlipat ganda karena banyaknya pekerjaan menumpuk yang belum kamu selesaikan.

3. Hindari Kebiasaan Duduk di Sofa atau Berbaring di Tempat Tidur Sebelum Waktu Istirahat

Di Pagi hari apabila ada tugas atau pekerjaan yang belum Anda selesaikan, maka segera kerjaan. Hindari melakukan hal itu yang akan mendatangkan rasa malas seperti duduk bersantai di sofa untuk meluruskan kaki atau berbaring di ranjang meski dengan alasan untuk beristirahat sebentar.

Tanpa Anda sadari kegiatan seperti tersebut memancing rasa malas yang akut dan sulit untuk dihilangkan karena telah menjadi sebuah kebiasaan rutin. Apabila Anda keasyikan duduk di sofa sambil bermain handphone menyebabkan pekerjaan yang seharusnya selesai hari ini akan terbengkalai akibat Anda beristirahat dahulu sebelum waktunya.

4. Memotivasi Diri Sendiri untuk Menjadi Lebih Baik

Berikan motivasi pada diri Anda sendiri untuk menjauhi rasa malas. Misalnya bila Anda perlu untuk mandi pagi ketika hari libur, biasanya pada saat itu rasa malas seringkali muncul dengan berbagai alasan. Disaat seperti itulah Anda harus memberikan keyakinan terhadap diri Anda untuk tidak mengikuti kebiasaan buruk tersebut. Yakinkan diri Anda bahwa mandi pagi memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh Anda.

Dengan membiasakan diri untuk memberikan motivasi diri dalam melakukan hal-hal positif akan membuat rasa malas sedikit demi sedikit akan hilang dari diri Anda. Selain itu Anda akan merasakan bahwa mengerjakan kegiatan-kegiatan positif tidak lagi terasa berat bahkan Anda akan melakukan kegiatan tersebut secara sukarela dan ikhlas.

5. Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Setiap Anda berhasil mengerjakan aktivitas yang berat dan berhasil melawan rasa malas yang menghadang jangan sungkan untuk memberikan sebuah hadiah kecil pada diri Anda sendiri. Misalkan bila Anda bisa bangun pagi dan bisa menghindari rasa malas maka berikan ucapan selamat dan berikan sebuah hadiah seperti makan menu sarapan yang disukai atau hal menyenangkan lain.

Begitu juga sebaliknya, bila Anda bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas maka jangan ragu untuk memberikan sebuah hukuman bagi diri Anda. Hukuman itu tidak harus berat cukup dengan melakukan hal yang tidak Anda sukai atau hal lain yang sangat Anda takut melakukannya. Dengan menggunakan hadiah dan hukuman akan membiasakan diri Anda melakukan hal-hal yang baik saja, karena pada dasarnya manusia itu menghindari sengsara dan mencari nikmat.

Beberapa langkah tersebut dapat dilakukan untuk proses pengawasan dan pengontrolan bisnis anda lebih baik. Prosedur ini diambil bukan sebagai bentuk ketidakpercayaan pemilik usaha dengan para pekerja. Namun, menjadi sarana dalam mereduksi kemungkinan terjadinya praktik manipulasi usaha bila tidak diawasi langsung.

Sebarkan manfaatnya :