Tips Memilih Lokasi Strategis untuk Memulai Bisnis

Dalam pemilihan rumah tempat tinggal, lokasi menjadi perhatian utama. Namun jangan salah, hal ini berlaku juga dalam pemilihan lokasi untuk bisnis. Pemilihan lokasi bisa berpengaruh terhadap daya jual produk, loyalitas karyawan, serta efektivitas pemasaran. Pada akhirnya, pemilihan lokasi akan menentukan apakah bisnis Anda akan berhasil atau tidak. Ikutilah beberapa tips di bawah ini untuk memilih lokasi bisnis yang paling menguntungkan.

1. Adanya target konsumen

Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa target konsumen yang Anda tuju berada di lokasi. Pertimbangkan apa pekerjaan, aktivitas, serta gaya hidup orang yang berada di sekitar lokasi tersebut dan tentukan apakah hal-hal tersebut sesuai dengan target konsumen Anda. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Anda bisa menentukan apakah produk atau layanan yang Anda jual akan berhasil.

2. Persaingan

Anda juga harus memperhatikan lokasi di mana para pesaing Anda berada. Contohnya, restoran cepat saji biasanya memilih lokasi yang berdekatan sebagai acara untuk memanfaatkan lalu lintas orang. Adanya pesaing yang terletak di suatu lokasi menandakan bahwa kemungkinan untuk berhasil di lokasi tersebut cukup besar.

3. Visibilitas

Pastikan bahwa toko atau kantor yang akan Anda dirikan bisa terlihat jelas oleh orang lain. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus memilih lokasi yang paling strategis karena biasanya akan menambah biaya sewa atau pembelian Gedung.

Contoh lokasi yang bisa Anda pilih adalah yang berada dekat dengan pusat perbelanjaan, sehingga Anda bisa menarik minat pelanggan tanpa mengeluarkan biaya lebih.

4. Fasilitas di sekitar lokasi

Sangat penting untuk memastikan bahwa lokasi bisnis Anda mudah diakses. Lokasi yang terlihat jelas dan produk yang berkualitas baik sudah cukup untuk menarik minat konsumen, namun perhatikan juga kenyamanan mereka. Sebuah lokasi yang baik paling tidak harus memiliki tempat parkir yang cukup, serta akses ke kendaraan umum.

5. Komunikasi

Di zaman sekarang, komunikasi merupakan hal penting yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Saat memilih sebuah lokasi yang potensial, perhatikan tentang ketersediaan jaringan komunikasi seperti internet dan jaringan telepon.

Mungkin Anda belum membutuhkannya sekarang, namun ini akan sangat menguntungkan jika suatu saat dibutuhkan – terlebih jika bisnis Anda sudah berkembang pesat.

6. Biaya yang harus dikeluarkan untuk pilihan lokasi

Selain biaya sewa, pertimbangkan juga semua biaya yang harus dikeluarkan saat memilih lokasi. Apakah sudah mencakup perawatan Gedung, utilitas, dan keamanan? Jika lokasi yang Anda pilih tidak terlalu terekspos, pertimbangkan juga biaya pemasaran yang dibutuhkan untuk mengarahkan konsumen ke lokasi Anda.

Renovasi bangunan seperti pengecatan, dekorasi, dan penambahan perabotan juga membutuhkan biaya. Salah satu cara mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan adalah membandingkan dengan bisnis lain yang serupa. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Usaha Kecil yang Sangat Menguntungkan

 

7. Ketersediaan listrik

Pastikan bahwa kapasitas listrik di tempat yang Anda pilih cukup untuk bisnis yang Anda jalankan, termasuk dalam jumlah stopkontak. Jika Anda perlu menjalankan banyak mesin atau peralatan lain yang membutuhkan banyak daya listrik, perhitungkan berapa listrik yang dibutuhkan dan ketersediaan genset, jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman.

8. Pertimbangan pribadi

Meskipun banyak pertimbangan pribadi yang mungkin perlu dilakukan, salah satunya adalah jarak yang harus ditempuh dari tempat tinggal ke lokasi tersebut. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di jalan, hampir pasti Anda akan kelelahan di perjalanan. Memang baik untuk memilih lokasi yang strategis, namun jangan melupakan tentang kenyamanan Anda sendiri.

Sebarkan manfaatnya :