Tips Memilih Supplier Barang yang Sesuai Keinginan

Memilih supplier barang yang sesuai untuk bisnis Anda sangat penting untuk memastikan bahwa Anda bisa menyediakan barang ataupun jasa dengan tepat waktu, serta memenuhi kriteria kualitas perusahaan. Dengan memakai kriteria pemilihan supplier yang ketat, Anda akan bisa mengidentifikasi supplier barang yang bisa membantu Anda memenuhi keinginan pelanggan.

5 Tips Memilih Supplier Barang yang Paling Tepat

Ikuti lima tips di bawah ini dan Anda pasti bisa menemukan supplier yang sesuai untuk mendapatkan bahan baku atau untuk mendapat produk yang akan didistribusikan.

1. Tentukan kriteria.

Sebelum memulai proses seleksi, Anda bisa menentukan beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh supplier. Ketahui masalah yang kemungkinan Anda temui di perusahaan, misalnya waktu pemesanan sampai pengiriman, jumlah pemesanan minimum dan maksimal, fasilitas dalam tempat penyimpanan, serta metode pengiriman yang spesifik.

Anda juga harus memperhatikan beberapa hal lain seperti proses pengecekan kualitas, syarat dan ketentuan pembayaran, serta kebijakan retur. Jangan lupa juga menyertakan nomor atau kontak referensi yang bisa dihubungi.

Menentukan kriteria seperti yang disebutkan di atas akan membantu Anda untuk mengevaluasi supplier potensial dari semua barang kebutuhan dan akan memperkecil kemungkinan melewatkan detail yang penting.

2. Perjelas proses yang akan dilakukan.

Anda harus mengetahui dengan jelas metode apa yang akan digunakan untuk menemukan supplier yang sesuai. Tentukan apakah Anda akan mempublikasikan persyaratan dan menunggu tawaran, atau melakukan pendekatan kepada perusahaan tertentu untuk proposal dan perkiraan.

Alokasikan waktu untuk melakukan proses seleksi supplier. Setelah mendapatkan beberapa calon, ajak beberapa karyawan atau orang yang Anda percaya untuk membandingkan proposal serta mengusulkan daftar supplier yang kira-kira memenuhi syarat.

3. Buka kesempatan untuk penawaran.

Jika Anda ingin lebih mudah memilih kandidat supplier, cara yang disarankan adalah menunggu tawaran dari pihak calon supplier. Istilah yang digunakan adalah Request For Proposal (RFP) atau Request For Quotation (RFQ).

Jenis mana pun yang akan dilakukan, Anda harus mengetahui detail dengan jelas seperti produk atau jasa yang dibutuhkan, jumlah, tanggal pengiriman, serta standar kualitas dalam kriteria Anda. Minta pihak yang memberi proposal untuk informasi proses yang mereka gunakan, stabilitas supplier bahan baku mereka, serta alasan mengapa pihak perusahaan Anda harus memilih mereka.

4. Lakukan evaluasi terhadap semua tawaran.

Bandingkan semua tawaran yang Anda terima dengan cara memeriksa kriteria untuk supplier, lalu mintalah informasi tentang hal yang mungkin kurang jelas. Pertama-tama, disarankan untuk memastikan validitas tawaran yang diberikan.

Lihat semua aspek dari penawaran yang Anda terima, lalu tentukan apakah itu memenuhi kriteria Anda. Tentukan prioritas setiap kriteria, lalu bandingkan apa yang ditawarkan oleh calon supplier untuk menentukan apakah sudah memenuhi. Identifikasilah persetujuan atau jangka waktu kontrak dengan setiap supplier potensial agar Anda tidak terjebak dalam situasi yang mungkin bisa merusak bisnis Anda.

5. Perhatikan performa supplier.

Semua supplier bisa saja melakukan kesalahan setiap waktu, walaupun tidak selalu fatal. Hal ini tidak terkecuali supplier yang sudah berpengalaman. Pastikan supplier yang akan Anda pilih memiliki kontak langsung ke perusahaan Anda dan bisa menjaga performa. Ini akan membantu Anda memantau pekerjaan mereka dan memastikan supplier tersebut memenuhi perjanjian sampai batas akhir kontrak.

Mengikuti tips-tips di atas akan membantu Anda memilih supplier yang bisa mendukung berkembangnya bisnis Anda dengan cara memberikan barang ataupun jasa tepat waktu dan sesuai anggaran. Dengan begitu, produktivitas akan meningkat serta memastikan semua barang dan jasa yang Anda sediakan selalu berkualitas.

Sebarkan manfaatnya :