Tips Memulai dan Menjalankan Usaha Restoran Kekinian

Usaha restoran saat ini semakin kompetitif karena semakin banyak pesaing yang bermunculan, dan pada saat yang sama Anda harus mempertahankan kesetiaan konsumen. Jika gagal menarik perhatian dan menjaga loyalitas mereka, maka kemungkinan merugi akan semakin besar. Banyak usaha restoran kekinian yang tutup karena kegagalan dalam menarik perhatian orang banyak.

Kebanyakan orang pergi ke sebuah restoran untuk melewatkan momen menyenangkan bersama dengan orang tersayang sambal menikmati makanan lezat. Namun karena kekurangan dalam beberapa aspek, beberapa restoran berakhir dengan kegagalan dan kalah terhadap para pesaing.

Kesalahan yang paling banyak ditemui adalah berpikir bahwa menyajikan makanan yang lezat saja sudah cukup untuk membuat sebuah restoran sukses. Namun kenyataannya, kualitas produk hanyalah salah satu dasar dagi keberhasilan sebuah restoran. Selain penawaran produk yang bagus, Anda harus membangun kepercayaan orang terhadap restoran dari segala aspek, termasuk pelayanan. Anda juga perlu mengetahui latar belakang ekonomi dan sosial konsumen Anda. Pelajari lebih banyak tentang kompetitor. Di bawah ini, Anda akan mengetahui tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memulai dan menjalankan usaha restoran kekinian.

1. Pilih juru masak yang berpengalaman dan tentukan sebuah konsep.

Untuk menyiapkan menu, pilihlah seorang juru masak yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam memasak menu yang bisa memuaskan selera pengunjung. Hal ini penting karena orang tentunya mempertimbangkan cita rasa makanan sebelum memutuskan untuk mengunjungi suatu restoran. Maka dari itu, Anda harus memilih seseorang yang mampu menghasilkan masakan penggugah selera.

Anda juga harus mempertimbangkan konsep restoran dengan matang karena pastinya akan berpengaruh terhadap target konsumen. Beberapa konsep yang bisa menjadi pertimbangan adalah restoran makanan cepat saji, casual dining, food truck, dan restoran pop up.

2. Sediakan dana cadangan.

Penurunan pendapatan yang tiba-tiba tidak jarang ditemui dalam sebuah usaha yang baru dimulai. Jika tidak ditangani dengan cepat, hal ini bisa menimbulkan kebangkrutan. Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, sangat disarankan memiliki cadangan dana untuk mengatasi keadaan seperti ini yang tentunya tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Selain itu, Anda juga perlu dana untuk investasi kelengkapan restoran yang tentunya tidak sedikit, namun pasti akan meningkatkan loyalitas konsumen.

Biasanya, usaha restoran kekinian yang baru dimulai membutuhkan 8 hingga 9 bulan untuk kembali modal. Sediakan cukup cadangan dana hingga masa tunggu itu berakhir. Jangan pernah lengah karena adanya kesuksesan di awal – selalu berjaga-jaga untuk keadaan yang tidak terduga.

3. Pilih logo yang unik dan mudah diingat.

Pastikan usaha restoran kekinian Anda diwakilkan oleh suatu logo yang unik dan bisa dikenang. Dengan begitu, orang akan semakin mengingat tentang restoran Anda jika logonya terpampang di berbagai media seperti papan iklan, billboard, surat kabar, kartu nama, dan website. Logo bukan hanya menjadi trademark untuk restoran, namun juga bisa membantu membangun kepercayaan pelanggan terhadap restoran Anda. 

Baca Juga: Kenapa Desain Produk itu Penting?

4. Buat buku menu yang unik.

Saat orang mengunjungi sebuah restoran, tentunya hal pertama yang mereka dapatkan adalah buku menu. Namun, jangan menganggap hal ini sepele karena desain buku menu yang bagus dan menarik perhatian secara tidak sadar akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap restoran Anda. Pastikan daftar menu dan harga tersusun dengan rapi, serta maksimalkan keindahan kombinasi gambar dan tulisan.

5. Gunakan media sosial untuk promosi.

Di zaman sekarang ini, cara paling efektif untuk memasarkan suatu usaha adalah dengan menggunakan media sosial, tak terkecuali untuk usaha restoran kekinian. Misalnya dengan menggunakan Instagram, Anda bisa menarik pelanggan dengan foto-foto menu dan lokasi yang indah.

 

Sebarkan manfaatnya :