Tips Sederhana Mengelola Gaji Karyawan

Tips Sederhana Mengelola Gaji Karyawan-01

Setiap jenis perusahaan menerapkan sistem penggajian dan pengupahan yang berbeda. Mengaji karyawan adalah kewajiban bagi setiap pengusaha yang memiliki perusahaan. Karena gaji karyawan adalah hak karyawan yang diberikan para pengusaha kepada karyawan mereka. Bagi pengusaha baru, mengelola gaji karyawan terkadang membingungkan karena Tidak mudah memang mengaji karyawan.

Terutama ketika pendapatan pada perusahaan yang belum begitu stabil mengakibatkan penggajian karyawan kadang tersendat. Tetapi kita tidak boleh membiarkan hal itu terjadi kepada para karyawan. Jika Anda telat membayarkan uang gaji karyawan, bisa-bisa membuat karyawan malas untuk bekerja karena tenaga dan pikirannya tidak di hargai oleh pemilik perusahaan.

Mengelola penggajian karyawan selanjutnya adalah membayar gaji sesuai dengan kinerja si karyawan tersebut. Tentunya Anda tak boleh menyamakan gaji setiap karyawan. Anda harus melihat dari kinerja masing-masing karyawan. Sebab, jika hal tersebut terjadi, karyawan yang memiliki kinerja cukup baik akan merasa apa yang ia terima tidak sesuai dengan apa yang telah ia lakukan dan berikut merupakan cara untuk mengelola penggajian karyawan

Tips Sederhana Mengelola Gaji Karyawan

  1. Pelajari Deadline Tanggal Penting

Sama seperti berbagai tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan, penggajian karyawan juga memiliki deadline. Dengan menentukan tanggal penggajian, Anda bisa menyusun rencana untuk melakukan persiapan. Maka dari itu, sejak awal, tentukan waktu kapan Anda memberikan gaji kepada karyawan. Biasanya, perusahaan melakukannya setiap sebulan sekali, entah pada awal atau akhir bulan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin melakukannya setiap dua minggu sekali. Apa pun keputusan Anda, pastikan Anda mengomunikasikannya kepada seluruh karyawan dan mematuhi deadline yang telah ditentukan. Sebaiknya Anda memilih waktu penggajian yang sesuai dengan siklus pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

  1. Buat Sistem Khusus untuk Menghitung Gaji

Idealnya, gaji di perusahaan dihitung berdasarkan struktur organisasi yang berlaku. Anda bisa memberikan gaji per bulan, berdasarkan tugas yang berhasil diselesaikan, menambahkan bonus, dan sebagainya. Namun, bagaimana pun Anda menghitung gaji karyawan, Anda dianjurkan untuk menerapkan sistem khusus yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan penghitungan tersebut. Jika Anda tetap melakukan penghitungan gaji setiap karyawan secara manual, hal tersebut hanya akan membuat Anda pusing dan tentu saja membuang waktu.

  1. Siapkan Rencana Cadangan Finansial

Lebih dari sekadar hak karyawan, ingatlah bahwa gaji juga dapat menjadi bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan. Karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus memastikan bahwa finansial perusahaan selalu berada dalam kondisi yang cukup bagus untuk memberikan gaji pada karyawan setiap bulan. Tepat waktu lah dalam mengirim invoice klien dan segera kejar klien yang telat melakukan pembayaran. Jangan sampai arus kas perusahaan terganggu dan membuat proses penggajian Anda berjalan tidak lancar. Jika Anda tidak menggaji karyawan atau melakukannya setelah deadline yang disepakati, bisnis Anda bisa berada dalam masalah.

Sebuah perusahaan dengan banyak karyawan pasti membutuhkan banyak waktu dalam menghitung gaji karyawan. Oleh karena itu untuk mencatat gaji karyawan dibutuhkan ketelitian yang baik karena sedikit saja kesalahan maka karyawan akan merasakan ketidakadilan. Setelah menghitung semua gaji karyawan dengan tepat, Anda dapat mencatat transaksi tersebut ke dalam Jurnal sebagai beban perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda  serta memberikan komentar yang membangun agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik-baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree