Tujuan Laporan Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Tujuan Laporan Keuangan yang Perlu Anda Ketahui-01

Keberadaan pencatatan dalam keuangan akan memudahkan Anda memperoleh informasi penting. Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat perusahaan atau bisnis menjadi lebih berkembang, Oleh karena itu  perlu adanya laporan keuangan sebagai bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai keadaan atau suatu kegiatan

Laporan keuangan merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi dalam satu periode dari buku yang bersangkutan. Laporan keuangan dapat diartikan sebagai sebuah catatan informasi keuangan yang terdapat di suatu perusahaan. Dalam sebuah laporan keuangan tentu terdapat tujuan dari laporan keuangan dan berikut adalah tujuan laporan keuangan.

Tujuan Laporan Keuangan

  1. Memberikan Informasi yang terpercaya tentang sumber-sumber ekonomi, dan kewajiban. Dengan maksud sebagai berikut :
  • Untuk menunjukan posisi keuangan dan investasinya
  • Untuk menilai kemampuannya untuk menilai kemampuan untuk menyelesaikan utangutangnya
  • Menunjukan kemampuan sumber-sumber kekayaannya yang ada untuk pertumbuhan perusahaan
  • Untuk menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan
  1. Memberikan informasi yang terpercaya tentang sumber kekayaan bersih yang berasal dari kegiatan usaha dalam mencari laba dengan maksud:
  • Memberikan gambaran tentang dividen yang diharapkan pemegang saham
  • Menunjukan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban kepada kreditor, supplier, pegawai, pajak, mengumpulkan dana untuk perluasan perusahaan.
  • Memberikan informasi kepada manajemen untuk digunakan dalam pelaksanaan fungsi perencanaan dan pengawasan.
  • Menunjukan tingkat kemampuan perusahaan mendapatkan laba dalam jangka panjang.
  • Menaksir informasi keuangan yang dapat digunakan untuk menaksir potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
  1. Memberikan informasi yang diperlukan lainya tentang perubahan harta dan kewajiban.
  2. Mengungkapkan informasi relevan lainya yang dibutuhkan para pemakai laporan
  3. Informasi keuangan yang disajikan akan bermanfaat tentunya bila memenuhi beberapa kriteria atau standar. Berikut ini beberapa kriteria kualitas informasi keuangan:
  • Relevan

Relevansi suatu informasi harus dihubungkan dengan maksud penggunaannya. Bila informasi tidak relevan untuk keperluan para pengambilan suatu keputusan, maka informasi demikian tidak ada gunanya, betatapun kualitas lainnya terpenuhi. Oleh karena itu sehubungan dengan relevansi informasi tadi maka perlu dipilih metode pelaporan akuntansi keuangan yang tepat.

  • Dapat diuji

Pengukuran tidak dapat sepenuhnya lepas dari pertimbangan dan pendapat yang subjektif. Hal ini berhubungan dengan keterlibatan manusia dalam proses pengukuran dan penyajian informasi, sehingga proses pengukuran itu tidak lagi berlandaskan realitas objektif semata. Dengan demikian untuk meningkatkan manfaatnya informasi keuangan harus dapat diuji kebenarannya oleh para pengukur yang independen dengan menggunakan metode pengukuran yang sama.

  • Dapat dimengerti

Informasi yang disajikan harus dapat dimengerti oleh pemakainya dan dinyatakan dalam bentuk yang disesuaikan dengan pengertian para pemakai. Dalam hal ini pihak pemakai informasi juga diharapkan adanya pengertian atau pengetahuan mengenai aktivitas ekonomi perusahaan, proses akuntansi keuangan serta istilahistilah teknis yang digunakan dalam laporan keuangan.Sa

  • Netral

Artinya laporan keuangan atau informasi keuangan itu diarahkan pada kepentingan umum dan tidak bergantung kepada kebutuhan pihak tertentu.

  • Tepat waktu

Informasi hendaknya diberikan sedini mungkin agar dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi.

  • Lengkap

Informasi keuangan lengkap bila memenuhi enam tujuan kualitatif di atas dan dapat memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan. Standar itu menghendaki pengungkapan seluruh fakta keuangan yang penting dan penyajian fakta secara jelas agar tidak menyesatkan pemakainya.

  • Dapat Dibandingkan

Informasi akuntansi harus dapat dibandingkan artinya akuntansi harus memiliki prinsip yang sama baik untuk suatu perusahaan dengan perusahaan lain.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree